Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak

penyumbatan pembuluh darah

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak – Kehadiran gumpalan darah yang menghambat (trombus) disebut sebagai trombosis. Trombosis di pembuluh darah hampir selalu dikaitkan dengan flebitis (radang pembuluh darah). Tromboflebitis adalah peradangan pembuluh darah di daerah di mana gumpalan darah telah terbentuk.

Arteri karotid adalah pembuluh darah yang memberikan darah melalui leher ke otak. Ada satu arteri karotis pada setiap sisi leher, di mana denyut dapat dirasakan dengan jari di bawah tulang rahang. Penyumbatan pada arteri karotis menurunkan aliran darah ke otak, menyebabkan kondisi medis yang dikenal sebagai penyakit arteri karotis. Gangguan dalam aliran darah ke otak (umumnya dikenal sebagai stroke) dapat menyebabkan cedera permanen. Kardiologi Halaman Pasien ini menjelaskan cara penyumbatan akibat arteri karotis menyebabkan penyakit stroke dan apa yang Anda dan dokter Anda dapat lakukan untuk mencegahnya.

Penyebab Penymbatan Pembuluh Darah

Gangguan dalam aliran darah (karena penyumbatan)
Cedera pada pembuluh darah
Perubahan komposisi darah (misalnya, terlalu banyak faktor pembekuan dalam darah)

Apa Penyakit Arteri karotis dan Apakah itu Penting?

stroke44Stroke, atau kecelakaan serebrovaskular, paling sering disebabkan oleh penghentian mendadak aliran darah ke bagian otak. Setiap tahun di Amerika Serikat, diperkirakan 750 000 orang menjadi korban stroke. Ada 2 penyebab umum dari stroke. Pertama, irama jantung yang tidak teratur, yang disebut fibrilasi atrium, dapat menyebabkan stroke ketika gumpalan darah kecil terbentuk sebagai jantung bergetar bukan mengalahkan normal. Setelah bekuan darah kecil terbentuk, dapat diluncurkan oleh jantung melalui arteri karotid, memblokir pembuluh darah di otak, dan menghilangkan bagian yang dari otak darah, mengakibatkan stroke. (stroke disebabkan oleh pembekuan darah memblokir arteri yang memasok darah ke otak) dapat disebabkan oleh gumpalan darah yang telah terbentuk dalam hati akibat gangguan irama yang dikenal sebagai atrial fibrilasi dan flutter atrium.

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak – Penyebab umum lainnya dari stroke adalah penyumbatan di arteri karotis. Arteri karotid membawa darah ke otak seperti pembuluh darah yang memasok darah ke jantung, arteri ini dapat menjadi menyempit atau tersumbat. Penyumbatan adalah endapan kolesterol, atau aterosklerosis, yang mempersempit saluran aliran darah di arteri karotid (Gambar 1). Jika deposito kolesterol ini atau penyumbatan istirahat atau pecah, gumpalan darah kecil dan fragmen kolesterol putus dari plak, masukkan aliran darah ke otak, dan bisa terjebak dalam pembuluh darah kecil di otak, sehingga menghentikan aliran darah ke daerah itu otak. Semakin besar plak kolesterol dan lebih parah penyumbatan arteri karotis, semakin tinggi risiko stroke.

Emboli kardiogenik mengacu gumpalan yang terbentuk di dalam hati dan perjalanan ke otak. Stroke dapat terjadi pada seseorang yang telah mengalami serangan jantung. Hati yang telah rusak oleh serangan jantung tidak memompa darah dengan baik, yang dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah yang menuju otak. Kehadiran katup pengganti jantung buatan juga dapat menyebabkan pembentukan penyumbatan pembuluh darah. Orang dengan katup jantung buatan dapat mengambil obat penyumbatan pembuluh darah untuk membantu untuk mencegah pembekuan darah dari pembentukan penyumbatan pembuluh darah.

Apakah Gejala Penyakit Arteri karotis?

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak – Penyumbatan arteri karotis sering tidak memiliki gejala dan tidak diketahui untuk pasien dan dokter sampai mengganggu aliran darah ke otak. Setelah area otak kekurangan darah, tidak berfungsi. Gejala Anda mungkin mengalami (Tabel 1) bergantung pada lokasi pembuluh darah otak tersumbat. Misalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda kehilangan visi dalam satu mata, mulai cercaan kata-kata Anda, atau memiliki kesulitan menemukan kata-kata dan mengekspresikan diri. Korban stroke sering kehilangan kekuatan atau perasaan di lengan, kaki, atau seluruh sisi tubuh. Anda mungkin melihat mati rasa dan berat yang melibatkan lengan atau kaki. Beberapa pasien menggambarkan perasaan kehilangan kontrol dari kaki atau lengan mereka. Satu sisi wajah Anda mungkin menjadi mati rasa dan murung. Jika Anda mengembangkan gejala-gejala tersebut, Anda harus mencari perhatian medis segera untuk mencegah cedera otak lebih lanjut. Kadang-kadang, gejala-gejala ini dapat berlangsung selama hanya beberapa menit atau jam. Meskipun Anda mungkin merasa kembali normal, Anda masih harus berbicara dengan dokter Anda segera. Gejala-gejala tersebut mungkin menjadi tanda peringatan dari kecelakaan transient ischemic (TIA) atau stroke kecil dan berarti bahwa Anda berisiko tinggi untuk stroke permanen. Untuk mencegah stroke, dokter akan mencoba untuk menemukan penyebab TIA sebelum menyebabkan cedera permanen ke otak.

Baca juga: Cara Mengobati Penyumbatan Pembuluh Darah

Penggumpalan darah yang mengakibatkan stroke biasanya menyebabkan gejala di sisi berlawanan dari tubuh dari mana mereka menyebabkan penyumbatan darah di otak. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya perasaan pada satu sisi wajah, lengan atau kaki, atau kebutaan. Jika sisi kiri otak dipengaruhi, masalah pidato dapat terjadi. Orang yang terkena mungkin tidak dapat berbicara atau memahami kata-kata yang diucapkan. Gejala lain stroke termasuk kebingungan, penglihatan kabur, sakit kepala parah, atau tiba-tiba kehilangan koordinasi atau keseimbangan.

Maka dari itu, berhati-hatilah dengan serangan jantung dan penyakit stroke akibat dari gumpalan darah atau penyumbatan pembuluh darah di otak yang beresiko tinggi dan mengakibatkan kematian. Mulailah untuk gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat.

Posted by: www.ahlinyadiabetes.com

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *