Penyakit Diabetes Dan Faktor Risiko Untuk Penyakit Ginjal

Penyakit Diabetes Dan Faktor Risiko Untuk Penyakit Ginjal

Diabetes mellitus (DM) sering disebut sebagai diabetes, yang merupakan sekelompok penyakit metabolik di mana ada gula darah tinggi tingkat selama jangka waktu lama. Gejala gula darah tinggi termasuk sering buang air kecil, rasa haus meningkat, dan peningkatan rasa lapar. Jika tidak diobati, diabetes dapat menyebabkan banyak komplikasi. Komplikasi akut dapat mencakup ketoasidosis diabetes , nonketotic hiperosmolar koma, atau kematian. Komplikasi jangka panjang yang serius termasuk penyakit jantung , stroke, gagal ginjal kronis, ulkus kaki, dan kerusakan pada mata.

Diabetes adalah karena baik pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin yang diproduksi.

Penyakit Diabetes Dan Faktor Risiko Untuk Penyakit Ginjal

Penyakit Diabetes Dan Faktor Risiko Untuk Penyakit Ginjal

Yang paling umum adalah tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada anak-anak. Hal ini juga disebut juvenile onset diabetes mellitus atau insulin-dependent diabetes mellitus. Pada tipe ini, pankreas tidak membuat cukup insulin dan Anda harus mengambil suntikan insulin selama sisa hidup Anda.

Diabetes tipe 2, yang lebih umum, biasanya terjadi pada orang di atas 40 dan disebut diabetes mellitus dewasa. Hal ini juga disebut non insulin-dependent diabetes mellitus. Dalam tipe 2, pankreas membuat insulin, tetapi tubuh Anda tidak menggunakannya dengan benar. Tingkat gula darah tinggi sering dapat dikontrol dengan mengikuti diet dan atau minum obat, meskipun beberapa pasien harus mengambil insulin. Diabetes tipe 2 sangat umum di kalangan Afrika Amerika, Indian Amerika, Amerika Latin dan Asia Amerika.

Apa Hubungan Diabetes Dengan Ginjal ?

Dengan diabetes, pembuluh darah kecil dalam tubuh yang terluka. Ketika pembuluh darah di ginjal yang terluka, ginjal Anda tidak dapat membersihkan darah Anda dengan benar. Tubuh Anda akan mempertahankan lebih banyak air dan garam dari yang seharusnya, yang dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan pergelangan kaki bengkak. Anda mungkin memiliki protein dalam urin Anda. Juga, bahan limbah akan membangun dalam darah Anda.

Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf dalam tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih Anda. Tekanan yang dihasilkan dari kandung kemih penuh Anda dapat cadangan dan melukai ginjal. Juga, jika urine tetap di kandung kemih Anda untuk waktu yang lama, Anda dapat mengembangkan infeksi dari pesatnya pertumbuhan bakteri dalam urin yang memiliki tingkat gula yang tinggi.

Berapa Banyak Pasien Diabetes Akan Mengembangkan Penyakit Ginjal ?

Sekitar 30 persen pasien dengan tipe 1 (juvenile onset) diabetes dan 10 sampai 40 persen dari mereka dengan Tipe 2 (dewasa onset) diabetes pada akhirnya akan menderita gagal ginjal.

Tanda awal penyakit ginjal diabetes adalah ekskresi peningkatan albumin dalam urin. Ini hadir jauh sebelum tes biasa dilakukan dalam bukti kantor acara dokter penyakit ginjal, sehingga sangat penting bagi Anda untuk memiliki tes ini secara tahunan. berat badan dan pergelangan kaki bengkak dapat terjadi.

Apa Tanda – Tanda Akhir Penyakit Ginjal Pada Pasien Dengan Diabetes ?

Gagal ginjal, nitrogen urea darah (BUN) tingkat akan naik serta tingkat kreatinin dalam darah Anda. Anda juga mungkin mengalami mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemah, meningkatkan kelelahan, gatal-gatal, kram otot (terutama di kaki Anda) dan anemia (jumlah darah rendah). Anda mungkin menemukan Anda perlu sedikit insulin. Hal ini karena ginjal yang sakit menyebabkan kerusakan kurang dari insulin.

Apa Gagal Ginjal Tahap Akhir Pada Pasien Dengan Diabetes?

Akhir tahap gagal ginjal, atau gagal ginjal, terjadi ketika ginjal tidak lagi mampu mendukung Anda dalam keadaan cukup sehat, dan dialisis atau transplantasi diperlukan. Hal ini terjadi ketika ginjal Anda berfungsi pada hanya 10 sampai 15 persen.

Bagaimana Penyakit Gagal Ginjal Diperlakukan Pada Pasien Diabetes?

Tiga jenis pengobatan dapat digunakan sekali ginjal gagal: transplantasi ginjal, hemodialisis dan dialisis peritoneal. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pilihan pengobatan untuk gagal ginjal KLIK disini: Obat Diabetes, Obat Gagal Ginjal.

Source: www.kidney.org

Itulah beberapa penjelasan tentang penyakit diabetes dan faktor risiko untuk penyakit ginjal. Semoga bermanfaat pembahasan artikel nya dan salam sehat.

Posted by: www.ahlinyadiabetes.com

Penyakit Diabetes Dan Faktor Risiko Untuk Penyakit Ginjal

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *